Monday, December 10, 2012

Tumor Sumsum Tulang Belakang


Sebuah tumor Spinal - pertumbuhan kanker atau non-kanker yang berkembang dengan serviks (leher rahim), toraks (midback) atau lumbosakral (lowback) atau yang dekat dengan tulang belakang. Mereka mungkin bersifat primer yang berasal dari sumsum tulang belakang atau metastasis berasal di tempat lain (misalnya paru-paru, payudara dll)

PENYEBAB Tumor TULANG BELAKANG:

Tumor sumsum tulang belakang primer mungkin extramedullary (terjadi di luar sumsum tulang belakang) atau intramedulla (terjadi di dalam sumsum tulang belakang).

Tumor Extramedullary mungkin intradural (meningioma dan schwannomas) yang mencapai 60% dari seluruh neoplasma tulang primer tulang belakang atau extradural (tumor metastatik seperti dari payudara, paru-paru, prostat, leukemia atau limfoma) yang menyumbang 25% dari neoplasma.

Tumor glioma atau intramedulla (astrocytomas atau ependymomas) adalah relatif jarang terjadi hanya sekitar 10% dari tumor.

Tumor tulang belakang jarang terjadi dibandingkan dengan tumor intrakranial (rasio 1:4). Mereka terjadi dengan frekuensi yang sama pada pria dan wanita dengan pengecualian meningioma yang paling sering terjadi pada wanita. Tumor sumsum tulang belakang dapat terjadi di mana saja sepanjang akarnya.

GEJALA Tumor TULANG BELAKANG:

- Nyeri leher dan punggung adalah gejala umum dari tumor sumsum tulang belakang.
- Rasa sakit ini sering hadir di malam hari dan ini diperparah dengan aktivitas fisik.
- Hilangnya rasa atau kelemahan terutama di kaki
- Kesulitan dalam berjalan kadang-kadang menyebabkan jatuh
- Penurunan sensitivitas terhadap rasa sakit, panas dan dingin
- Hilangnya fungsi usus dan kandung kemih
- Kelumpuhan yang mungkin terjadi dalam berbagai tingkatan dan bagian tubuh yang berbeda tergantung pada saraf yang terkena.

DIAGNOSIS Tumor TULANG BELAKANG:

- Diagnosis tumor tulang belakang dimulai dengan sejarah dan pemeriksaan fisik
- Sinar X-Rays
- Spinal Magnetic Resonance Imaging (MRI)
- CT Scan
- Myelogram
- Biopsi (apakah tumor jinak atau ganas).

No comments:

Post a Comment

Post a Comment